Tuesday, July 27, 2010

Kebaya Brokat Perancis Emas dengan Songket Palembang.


Ini kebaya resepsi modern pesanan seorang klien berdarah Batak. Sudah beberapa kali saya menangani  klien-klien dari suku Batak namun belum pernah saya sebutkan. Kali ini saya memberitahukannya karena banyak juga yang bertanya tentang contoh kebaya pernikahan bagi para calon pengantin Batak sekarang ini.  Umumnya mereka menyukai kebaya dari bahan brokat Perancis or French lace. Bahan ini memang mahal dan lembut, dan biasanya motif bunga-bunganya sulit diikuti dengan mote biasa karena rumit, kecil-kecil dan rapat. Ciri khas brokat Eropa yang menjadikannya eksklusif.


 


Padanan kebaya modern ini tentu saja sebuah kain songket Palembang. Umumnya pun yang berwarna Merah dan Emas. Karena kedua warna ini melambangkan kegembiraan perayaan dan kemakmuran. Mirip dengan budaya Chinese yang juga mengagungkan kedua warna ini untuk setiap pesta.


Namun untuk dibuat desain kebaya modern, brokat Perancis terlalu halus..sulit untuk membuatnya tetap wah hanya dengan payet biasa. Karena itu harus digunakan payet/mote terhalus yang disebut mote gula pasir sebab ukuran butirannya serupa butiran gula pasir...ehm, kebayang kan proses penjahitan payetnya? Tapi ya itulah...bahan yang mahal pasti menuntut perlakuan yang terbaik pula. ^_^


Perhatikan detail payetnya, mote gula pasirnya bisa dilihat di setiap ukiran bunga berwarna merah. Hanya dengan cara itu bentuk bunga yang tertera pada lace-nya bisa terlihat nyata. Saya menghindari proses bordir, terutama pada kebaya berbahan Perancis, saya bahkan hampir tidak pernah menggunakannya pada kebaya-kebaya saya karena membuatnya jadi kaku dan tidak halus lagi. Semua aplikasi bunga dan krah dicantum dengan jahitan tangan.



Banyak hal yang perlu menjadi perhatian para calon mempelai Batak di jaman sekarang ini...:) Saya seringkali menerima dan mendesainkan kebaya-kebaya yang mereka inginkan...sexy, modern, simple...tetapi pada akhirnya mereka akan harus mengubah desain tersebut menjadi mewah, elegan dan agak tertutup...hehehehe...Sebaiknya menanyakan dan mendiskusikan syarat-syarat dari para orang tua dan sanak keluarga serta tetua yang dihormati dari keluarga besar kedua mempelai, sebab keluarga Batak itu sungguh saling bertalian erat satu dengan lainnya sehingga banyak pendapat harus didengar dan setelah itu baru bisa diambil jalan tengah terbaik yang bisa memuaskan keinginan Sang Pengantin dan keluarga besarnya.


Nah, budget untuk menjahitkan kebaya serta payet seperti ini adalah 2,000,000 IDR. Songket bukan jahitan saya dan bahan Perancisnya dibeli sendiri oleh Sang Pengantin...:)

"Terima kasih banyak kepada Erna & Suami serta keluarga! Sukses dan Bahagia selalu!"


Contact person: adhinatalia [esia] 021-9948 5040 ; [flexi] 021-3399 3273
Terima jahit gaun pesta, gaun pengantin, kebaya akad dan kebaya modern utk personal.
Detail klik ke http://payetgaunpesta.blogspot.com

Boleh meng-copy artikel dan diposting ulang di blog atau web Anda tanpa perubahan dengan menyertakan link ke artikel asli di blog ini. Boleh menggunakan sketsa dan rancangan untuk keperluan pribadi ( bukan untuk komersial/jualan ) dengan menyertakan informasi asal rancangan dari blog ini dan atas nama adhinatalia. Penawaran kerjasama untuk promo media, iklan atau pemakaian konten blog ini dgn tujuan menghasilkan profit wajib memberitahukan dan mendapatkan persetujuan dari saya sebagai pemilik blog. Terimakasih!
Blog Posting, Photos and Text are Originally Belong/Written by adhinatalia. Reviews and Photos from other site will include source's/author's link. No derivative of this blog content. Any commercial purposes needs approval from me (adhinatalia). You may re-post this article, share or re-publish the image on your web/blog with an URL inserted linking to the original content from this blog.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...