Sunday, December 5, 2010

Perak Khas Bali Tembus Beberapa Negara Di Dunia

Pemasaran kerajinan perak di Kabupaten Karangasem, Bali, merambah Amerika, China, Australia, dan Jerman.Selain diekspor ke berbagai negara itu, kata Perajin Perak asal Budakeling, Bebandem, I Wayan Astawa, para perajin perak Karangasem juga mulai didatangi pembeli dari wisatawan asing.Bulan Juli hingga Agustus 2010 merupakan puncak pemasaran produk perak karena tingkat kunjungan turis mancanegera tinggi ke Kabupaten Karangasem.

Ia menjelaskan, kondisi tingkat kunjungan itu mesti dipertahankan agar pemasaran perak di Kabupaten Karangasem stabil. "Mudah-mudahan kunjungan wisatawan ke ke Bali Timur terus mengalami peningkatan, sehingga para perajin perak disini bisa berkembang pesat seperti Celuk, Sukawati, Gianyar," katanya.

Selain mengandalkan pasar lokal, kata Astawa, perajin perak di Kabupaten Karangasem juga sudah mengeksport hasil kerajinan tangannya ke tiga Negara yaitu Amerika, Jerman, China, dan Australia.Kendatipun belum begitu banyak, tetapi perak Kabupaten Karangasem sudah mampu menembus pasar mancanegaraDesain kerajinan perak yang dijual, kata Astawa, dijamin beda dengan hasil kerajinan perak lainnya di Bali. "Hasil kerajinan perak di Karangasem di desain khusus oleh perajin itu sendiri, sehingga memiliki keunikan tersendiri."

Ia menambahkan saat ini pihaknya masih optimis hasil kerajinan perak Karangasem akan tetap eksis. Namun untuk mempertahankan pemasaran yang stabil itu, para perajin tak bisa bekerja sendiri.Selain pembinaan, lanjut Astawa, pihaknya juga berharap pihak pemerintah Kabupaten Karangasem secara kontinyu mengikuti dan meyelenggarakan pameran di luar Bali atau Mancanegera, sehingga kerajinan perak asal Kabupaten yang dijuluk Bumi Lahar ini bisa terus berkembang.

Selain itu, dia menambahkan, pemerintah mesti secara intens melakukan kontrol terhadap pengadaan bahan baku perak karena saat ini masih dikuasai oleh segelintir orang.Kalau bisa pemerintah yang menyalurkan pengadaan bahan perak itu, sehingga perajin tak kelabakan mencari bahan untuk kerajinan tangan itu

Sumber

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...